Updated at 23 Oct 2023

Keuntungan Menggunakan Laragon daripada XAMPP

Laragon adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat server web lokal di komputer.

Jxxzy

Diterbitkan pada·23 Oct 2023

Keuntungan Menggunakan Laragon daripada XAMPP

Laragon adalah lingkungan pengembangan lokal yang mudah dan cepat, yang memungkinkan para pengembang untuk mengelola berbagai versi PHP, Apache, MySQL, dan perangkat lunak lainnya. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi berbagai keuntungan dari menggunakan Laragon.

Keuntungan Laragon

Laragon Menawarkan pengaturan dan konfigurasi yang lebih mudah dan cepat. Integrasi dengan berbagai framework seperti Laravel adalah hal yang langsung siap digunakan tanpa perlu penyesuaian manual.

Jika dibandingkan dengan Xampp yang meskipun relatif mudah digunakan, mungkin perlu beberapa penyesuaian manual tergantung pada framework dan kebutuhan spesifik.

  • Pretty URL

Biasanya, ketika kita menjalankan versi localhost dari web kita maka kita akan mengetik di search bar

http://localhost/CYBEROREN

Namun di Laragon, kamu bisa mengkostumisasi url development kamu menjadi seperti:

http://CYBEROREN.test
  • Ubah Versi Aplikasi dengan Sekali Klik

Ada banyak aplikasi yang tersedia di Laragon, yaitu PHP, Node.js, Python, Java, Go, Ruby, MySQL, PostgreSQL. Dengan Laragon, kamu bisa mengganti versi aplikasi dengan sekali klik. Misalnya kamu ingin menggunakan PHP 7.2 dan MySQL 8.1 maka kamu hanya tinggal mengaturnya di pengaturan Laragon.

  • Sistem yang Terisolasi

Terisolasi berarti sistem di Laragon terpisah dengan sistem di OS milikmu. Kamu bisa menginstal PHP, Node.js dan lain – lain tanpa mempengaruhi sistem di OS milikmu. Bahkan Laragon mempunyai terminal tersendiri.

  • Proses yang Ringan

Laragon juga menggunakan service orchestration terpisah dari OS sehingga bisa berjalan asynchronous dan tidak memblok operasi di OS milikmu. Ini menyebabkan Laragon bisa berjalan sangat cepat.

  • Create Project dengan Mudah

Dengan menu Quick App, kalian bisa mengisntall project framework favorit kalian dengan sekali klik mulai dari WordPress sampai Laravel.

Kesimpulan

Laragon adalah alat yang sangat berguna untuk pengembangan web. Dengan fitur-fitur yang disediakan, proses pengembangan menjadi lebih cepat, efisien, dan menyenangkan.

Bagi pengembang yang sering bekerja dengan PHP dan framework terkait, penggunaan Laragon bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan.

Jxxzy

Let's start living like no one can help us in any event, so that when we are helped in certain times, it becomes a plus in itself. ☃️

Follow me on